Rapat Koordinasi Tim Pengumpul Data Penyusunan Buku Data Statistik Sektoral Semester 1 Tahun 2019

Pada hari Kamis, 25 Juli bertempat di Ruang Tamansari Gedung Sekretariat Daerah Lantai 4 Kota Salatiga, telah dilaksanakan Rapat Koordinasi Tim Pengumpula Data Penyusunan Buku Data Statistik Sektoral Semester 1 Tahun 2019.

Kegiatan tersebut diikuti oleh Tim Pengumpul Data yang terdiri dari perwakilan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Pemerintah Kota Salatiga, perwakilan Instansi Vertikal yang ada di Kota Salatiga dan beberapa perwakilan akademisi di Kota Salatiga, hadir juga perwakilan dari Badan Pusat Statistik Kota Salatiga selaku Tim Pengumpul Data sekaligus sebagai pembina data.

Kegiatan dibuka langsung oleh Bp. M. Nasiruddin selaku Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Salatiga. Dalam sambutannya disampaikan ucapan terimakasih atas segala bantuan dan partisipasi dari Tim Pengumpul Data yang telah membantu Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Salatiga selaku Walidata tingkat kota , dalam proses pengumpulan data, verifikasi data serta publikasi data statisitk sektoral Kota Salatiga. Saat ini pemerintah kota salatiga melalui Bidang Statistik dan Persandian Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Salatiga telah menyusun aplikasi pengumpulan, verifikasi dan publikasi data statistik sektoral berbasis web based dengan alamat di dataku.salatiga.go.id.

Aplikasi ini digunakan oleh Tim Pengumpul Data untuk memasukkan data-data statistik sektoral yang menjadi kewenangan organisasi perangkat daerah, instansi vertical dan akademisi di Kota Salatiga. Setelah data terinput akan dilakukan verifikasi dan publikasi oleh Dinas Komunikasi dan  Informatika Kota Salatiga. Dalam satu tahun publikasi data statistik sektoral tingkat Kota Salatiga dilakukan dua kali yaitu di Bulan April dan di Bulan Oktober. Pertimbangan penggunaan aplikasi dataku untuk pengumpulan, pengolahan, verifikasi dan publikasi data statistik sektoral ini adalah untuk memperoleh data yang akurat, mutakhir, terpadu, dapat dipertanggungjawabkan, mudah diakses, dan dapat dibagi-pakaian.

Selaras dengan hal tersebut, saat ini telah ditetapkan Peraturan Presiden Nomor 39 Tahun 2019 tentang Satu Data Indonesia, hal tersebut disampaikan oleh Bp. Dani selaku perwakilan pembina data dari Badan Pusat Statistik Kota Salatiga. Dalam Perpres satu data Indonesia Dinas Komunikasi dan Informatika ditetapkan sebagai walidata, Organisasi Perangkat Daerah dan Instansi Vertikal sebagai Produsen data sekaligus sebagai walidata pendukung. Badan Pusat Statistik sebagai pembina data di bidang statistik, Kementrian Keuangan sebagai pembina data di bidang keuangan dan Badan Informasi Geospasial sebagai pembina data di bidang geospasial. Untuk komunikasi antara Pembina data, walidata, produsen data, walidata pendukung difasilitasi dengan adanya Forum Data yang dikoordinasikan oleh dinas yang memiliki tupoksi di bidang perencanaan.

Pemerintah Kota Salatiga melalui Dinas Komunikasi Kota Salatiga telah melaksanakan publikasi data-data statistik sektoral Kota Salatiga sejak Tahun 2017. Mulai Tahun 2018 publikasi data dilaksanakan 2 (dua) kali dalam setahun. Publikasi tersebut berupa buku data pembangunan dan buku data statistik sektoral. Buku-buku yang telah dipublikasikan antara lain :

  1. Buku Pembangunan Kota Salatiga Tahun 2016 (produksi Tahun 2017)
  2. Buku Data Statistik Sektoral Tahun 2017 (produksi Tahun 2018)
  3. Buku Data Statistik Sektoral Semester 1 Tahun 2018 (Produksi Tahun 2018)
  4. Buku Data Statistik Sektoral Tahun 2018 (Produksi Tahun 2019)

Buku-buku tersebut dapat diakses secara digital di halaman website dataku.salatiga.go.id menu E-Library. Pada saat ini Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Salatiga melalui Bidang Statisitk dan Persandian sedang menyusun Buku Data Statistik Sektoral Semester 1 Tahun 2019. Data-data yang akan dikumpulkan dan ditampilkan adalah data mulai tanggal 1 Januari 2019 s.d 30 Juni 2019. Data-data bersumber dari Produsen Data Organisasi Perangkat Daerah, Instansi Vertikal dan Akademisi di Kota Salatiga. Pengumpulan dilakukan dengan menggunakan aplikasi dataku yang diinput oleh petugas admin data yang ada di OPD, Instansi Vertikal dan Akademisi di Kota Salatiga. Akhir Bulan Agustus Tahun 2019 merupakan target pengumpulan dan input data ke aplikasi dataku, Bulan September Tahun 2019 akan dilakukan validasi dan veriifkasi data kemudian di awal Oktober Tahun 2019 data akan dirilis melalui aplikasi dataku. Data-data yang telah dirilis di aplikasi dataku akan disusun dan diolah dalam bentuk buku manual dan digital dengan judul “Buku Data Statistik Sektoral Semester 1 Tahun 2019”. (lkm)

Sharing is caring

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *