Tugas dan Fungsi

Berdasarkan Peraturan Walikota Salatiga No. 38 Tahun 2016 tentang Kedudukan, Susunan Organisasi, Tugas dan Fungsi serta Tata Kerja Dinas Komunikasi dan Informatika, Dinas Kominfo Kota Salatiga mempunyai tugas membantu Walikota melaksanakan urusan Pemerintahan yang menjadi kewenangan Daerah bidang komunikasi dan informatika, bidang statistik dan bidang persandian serta tugas pembantuan yang diberikan kepada Daerah.

Fungsi Dinas Kominfo Kota Salatiga adalah:

  1. Perumusan kebijakan bidang komunikasi dan informatika, bidang statistik dan bidang persandian;
  2. Pelaksanaan kebijakan bidang komunikasi dan informatika, bidang statistik dan bidang persandian;
  3. Pelaksanaan evaluasi dan pelaporan bidang komunikasi dan informatika, bidang statistik dan bidang persandian;
  4. Pelaksanaan administrasi Dinas; dan
  5. Pelaksanaan fungsi lain yang diberikan oleh Walikota terkait dengan tugas dan fungsinya.

Susunan Organisasi Dinas Kominfo Kota Salatiga diatur pada bab III pasal 3. Dinas Komunikasi dan Informatika dipimpin oleh seorang Kepala Dinas. Dalam menjalankan tugasnya, Kepala Dinas dibantu oleh seorang Sekretaris dan 3 (tiga) orang Kepala Bidang.

Tugas masing-masing struktur dalam organisasi Dinas Kominfo Kota Salatiga adalah sebagai berikut:

  1. Sekretariat mempunyai tugas menyelenggarakan dukungan perencanaan, monitoring, evaluasi dan pelaporan pelaksanaan tugas dan fungsi Dinas serta administrasi kesekretariatan, keuangan dan kepegawaian Dinas.
  2. Bidang Informasi dan Komunikasi Publik mempunyai tugas melaksanakan urusan Pemerintahan yang menjadi kewenangan Daerah bidang komunikasi dan informatika sub urusan informasi dan komunikasi publik.
  3. Bidang Aplikasi Informatika mempunyai tugas melaksanakan urusan Pemerintahan yang menjadi kewenangan Daerah bidang komunikasi dan informatika sub urusan aplikasi informatika.
  4. Bidang Statistik dan Persandian mempunyai tugas melaksanakan urusan Pemerintahan yang menjadi kewenangan Daerah bidang statistik sub urusan statistik sektoral dan bidang persandian sub urusan persandian untuk pengamanan informasi.
Sharing is caring