Workshop Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi Publik (PPID)

Yogyakarta, 14 Maret 2019. Bertempat di hotel Eastparc Yogyakarta telah dilaksanakan Workhop Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPPID) Pemerintah Kota Salatiga yang diikuti oleh seluruh PPID Pembantu dan Seluruh Admin PPID Kota Salatiga. Kegiatan tersebut dilaksanakan selama 3 (hari) dengan narasumber dari Komisi Informasi Pusat, Komisi Informasi Provinsi Jawa Tengah dan dari Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Salatiga.

Kegiatan Workshop PPID ini di buka langsung oleh Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika kota Salatiga Drs. Muh Nasiruddin. Dalam sambutannya disampaikan bahwa bahwa keterbukaan informasi publik merupakan sarana dalam mengoptimalkan pengawasan publik terhadap penyelenggaraan negara dan badan publik lain serta segala sesuatu yang berakibat pada kepentingan publik. Selain itu, Keterbukaan informasi publik ini merupakan ciri khas negara demokrasi yang menjunjung tinggi kedaulatan rakyat untuk mewujudkan penyelenggaraan negara yang baik.

Maksud diadakannya kegiatan ini adalah:

  1. Untuk menyusun dan menentukan Daftar Informasi Publik (Informasi berkala, Setiap saat, serta merta dan dikecualikan) di setiap badan publik.
  2. Untuk Meningkatkan pengelolaan dan pelayanan informasi di lingkungan Badan Publik untuk menghasilkan layanan informasi yang berkualitas.

Adapun tujuan diadakannya Workshop PPID adalah :

  1. Memiliki daftar informasi publik sesuai dengan amanat UU No.14 tahun 2008;
  2. Memberikan layanan informasi kepada masyarakat akan penyelenggaraan Pemerintahan.
  3. Diseminasi informasi publik melalui website.
  4. Memudahkan masyarakat dalam mengakses informasi.
  5. Menjamin hak dan keewajiban masrarakat dalam mengkakses informasi.

Dengan terlaksananya kegiatan workshop PPID tahun 2019  ini diharapkan semakin meningkatkan pengelolaan dan pelayanan informasi di lingkungan pemerintah kota Salatiga dan Badan Publik untuk menghasilkan layanan informasi yang berkualitas untuk menciptakan pemerintahan yang baik dan transparan.

Sharing is caring

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *